7 MAKANAN YANG HARUS KAMU COBA DI ENNICHISAI, LITTLE TOKYO

Konnichiwa! Ogenki desu ka?

Setelah sekian lama kita nggak update event, kali ini kita balik lagi dengan event super tahunan yang gebyar banget. Ennichisai.









Ennichisai adalah sebuah festival kebudayaan dan kuliner Jepang yang diselenggarakan setiap tahun di Little Tokyo, Blok M. Acara ini juga didukung oleh pemprov DKI Jakarta dan juga kedutaan besar Jepang di Indonesia loh! Menampilkan berbagai pertunjukan seni dan tradisional, Ennichsai bener-bener bakal jadi tempat paling tepat buat kalian yang mau merasakan Matsuri (atau festival Jepang).



Kalian juga bisa ikutan lomba cosplay atau berfoto dengan cosplayer yang mondar-mandir di jalanan dan ikut game-game seru juga loh!












Weits! Buat yang suka kuliner gimana? Oh, jelas ada! Ennichisai merupakan festival kuliner Jepang yang cukup lengkap dan pastinya enak banget karena mayoritas penjual stand adalah orang asli Jepang. Hihihihi.. berasa di Jepang beneran deh!



Sayangnya, Ennichisai 2015 ini sudah selesai.. Tapi tak usah khawatir masih ada tahun berikutnya karena Ennichisai selalu diadakan setiap tahun. Sebelum kamu dateng ke Ennichisai tahun depan, nih 7 makanan rekomendasi kita untuk Ennichisai yang selanjutnya :)

Kakigori (IDR 10*)
Shaved ice with syrups



Panas. Gerah. Enaknya? Makan Kakigori! Yatai (Stand) yang pertama kali kita datengin adalah stand kakigori yang satu ini nih.


Beda sama kakigori (atau es serut) yang biasanya cuma manis di luar tawar di dalam, es serut yang satu ini completely and utterly sweet inside out. Seger banget buat yang lagi haus.

Taiyaki – By Taiyaki Kun (IDR 15*)
Fish-shaped waffle with filling
Lagi nge trend hari-hari ini, Taiyaki juga ikut mampir meramaikan Ennichisai kali ini.


Ada 3 varian filling, vanilla, cokelat dan kacang merah. Setelah menimbang-nimbang, akhirnya kami memilih taiyaki dengan isian Azura red Bean.  Taiyaki-nya garing dan enggak melempem. Selain itu, filling-nya enggak pelit-pelit. Red Bean nya pun enggak bau dan rasanya manis. Perfect!

Takoyaki – By Tokio Street (IDR 20*)
Octopus ball
Satu hal yang  kudu wajib dimakan di setiap festival Jepang adalah Takoyaki.


Kita cukup kecewa dengan takoyaki-takoyaki pada umumnya karena biasanya agak lembek dan masih basah di dalamnya.


Tapi kembali, takoyaki yang disajikan memiliki rasa yang sungguh berbeda. Permukaannya garing dan kering. Enggak terasa lembek-lembek dan disguisting seperti belum matang.  Saus okonomiyaki-nya sedikit kurang kuat.

Okonomiyaki – By Tokio Street (IDR 30*)



Okonomiyaki selalu jadi temen baik Takoyaki. Tapi makanan kali ini berbeda dengan biasanya. Kalau biasanya kita makan okonomiyaki berupa telur dengan sayur-sayuran, kali ini, okonomiyaki yang dihadirkan berbasis telur dengan keju, ham dan chuka men alias kwetiau dalam bahasa Indonesia.


Tentu hal ini membuat rasa yang berbeda pula. Kita sempat ragu karena Chuka Men yang disajikan tapi siapa sangka bahwa chuka men ini justru membuat rasa okonomiyaki tersebut jadi pas di lidah.


Ikayaki (IDR 25*)
Grilled Squid with soy sauce
Ikayaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang biasanya disajikan di Izakaya (kedai sake) sebagai pelengkap minuman. Tapi kali ini, Ikayaki bisa kita coba di Ennichisai.


Ukuran cumi yang besar berbeda sekali dengan ukuran pada umumnya. Belum lagi, cumi yang dipanggang tersebut dimarinasi dengan sempurna. Bumbunya meresap sehingga tidak cuma terasa di luar tapi hambar di dalam.


Sayangnya, ikayaki ini kurang empuk dan alot sehingga agak sulit untuk dimakan sambil jalan-jalan.

Yakitori – By Papaya (IDR 10*/pcs)
Chicken skew


Kalau makan sate madura, mungkin sudah biasa banget. Tapi sate Jepang? Kali ini kita cobain Yakitori yang masuk daftar makanan yang kudu kita makan. Mumpung belum kesampaian ke Jepang, makan Yakitori di sini enggak masalah.



Ada tiga macam yakitori. Yakitori bulat, kulit dan paha ayam. Kali ini, kita cobain yang paha ayam nih.


Untuk rasanya, kita suka banget sama seasoning-nya. Cuma mungkin, karena terlalu banyak orderan, ada beberapa daging ayam yang masih basah dan tiga perempat matang. Beberapa lagi ada yang sudah matang sempurna.



Zaru Soba – by Papaya (IDR 20*)
Cold Soba with shoyu soup



Zaru soba menjadi makanan kita yang paling favorit. Soba dengan kuah dingin ini menjadi teman baik terutama saat panas.


 Weits, mungkin kalian pikir gimana sih rasanya kuah dingin? Tapi jujur aja, rasa Zaru Soba ini enak banget. Bisa dibilang ini makanan yang mungkin belum tentu bisa kita ketemuin lagi di Jakarta. Kaldu shoyu nya gurih dengan rasa yang pas.


Overall, event ini bener-bener harus dan wajib dikunjungin buat lo yang suka banget makanan Jepang.

Oh ya, saran kita kalau mau ikut festival ini:
  1. Bawa tas di depan : Karena rame banget aja sih, meghindari hal-hal  yang tak diinginkan
  2. pakai pakaian dan sepatu yang nyaman (inget guys, kita mau jalan di tempat yang super rame banget
  3. Bawa payung : Di sana terik banget kalau siang dan kalau hujan juga enggak banget. Jadi lebih baik sedia payung deh.
Oke deh! selamat bersenang-senang di Ennichisai berikutnya.

Cheers!

Location:

Ennichisai Festival
Blok M Square - Jl. Melawai

1 comment:

  1. Wah rame bener fotonya mbak, salam kenal. jangan lupa mampir di blog ku :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.